بسم الله الرحمن الرحيم
س : ما معنى العقيدة الإسلامية ؟
Apa makna aqidah islamiyah
ج : العقيدة الإسلامية هي الأمور التي يعتقدها أهل الإسلام، أي يجزمون بصحتها
aqidah islamiyah adalah perkara yang orang Islam mengi’tikatkanya. maksudnya mereka mantap atas kebenarannya
س : ما معنى الإســلام ؟
Apa makna Islam
ج : الإسلام هو الإقرار باللسان، والتصديق بالقلب بأن جميع ما جاء به نبينا محمد حق وصدق
Islam adalah mengakui dengan lisan dan membenarkan dengan hati bahwa seluruh yang dibawa nabi adalah hak dan benar
س : ما أركان العقيدة الإسلامية : أي أساسها ؟
Apa rukun-rukun aqidah islamiyah maksudnya dasar-dasarnya
ج : أركان العقيدة الإسلامية ستة أشياء، وهي: الإيمان بالله تعالى، والإيمان بملائكته، والإيمان بكتبه ، والإيمان برسله، والإيمان باليوم الآخر، والإيمان بالقدر
rukun-rukun aqidah islamiyah 6 perkara yaitu iman kepada Allah, iman kepada malaikat nya, iman kepada kitab-kitab Nya, iman kepada utusannya, iman kepada hari akhir dan iman kepada Qadar
س : كيف الاعتقاد بالوجود لله تعالى ؟
Bagaimana i’tiqad tentang sifat wujud bagi Allah subhanahu wa ta’ala
ج : هو أن نعتقد أن الله تعالى موجود، وأن وجوده بذاته ليس بواسطة شئ، وأن وجودُه واجب لا يمكن أن يلحقه عَدم
yaitu kita harus i’tiqad bahwa Allah itu wujud dan bahwa wujudnya itu dengan dzatnya, tidak ada lantaran apapun. dan wujudnya itu wajib tidak mungkin ketemu sirna
س : كيف الاعتقاد بالقدم لله سبحانه وتعالى؟
Bagaimana i’tiqad tentang sifat qidam bagi Allah subhanahu wa ta’ala
ج : هو أن نعتقد أن الله قديم نعني أنه موجود قبل كل شيء وأنه لم يكن معدوما ٍ في وقت من الأوقات، وأن وجوده ليس له أول
yaitu kita harus i’tiqad bahwa Allah itu dahulu, maksudnya yaitu ada sebelum setiap sesuatu, dan Allah itu tidak mungkin tidak ada di suatu waktu dari beberapa waktu dan wujudnya Allah itu tidak ada permulaan
س : كيف الاعتقاد بالبقاء لله سبحانه وتعالى ؟
Bagaimana i’tiqad tentang sifat kekal bagi Allah subhanahu wa ta’ala
ج : هو أن نعتقد أن الله سبحانه وتعالى باق، وأن بقاءه ليس له نهاية، وأنه لا يزول أصلا ولا يلحقه العدم في وقت من الأوقات
yaitu kita harus i’tiqad bahwa Allah subhanahu wa ta’ala itu kekal, dan kekal nya tidak ada batasan, dan Allah itu tidak hilang sama sekali dan tidak mungkin bertemu ke sirnaan diwaktu dari beberapa waktu
س : كيف الاعتقاد بمخالفته تعالى للحوادث -أي المخلوقات- ؟
Bagaimana i’tiqad tentang tidak samanya Allah terhadap makhluk
ج : هو أن نعتقد أن الله تعالى لا يشابهه شيء : لا في ذاته ولا في صفاته ولا في أفعاله
yaitu kita harus i’tiqad bahwa Allah itu tidak disamai sesuatu apapun, tidak di dzatnya tidak di sifatnya dan tidak di pekerjaannya
س : كيف الاعتقاد بمخالفة ذاته سبحانه للحوادث ؟
Bagaimana i’tiqad tentang perbedaannya dzat Allah subhanahu wa ta’ala terhadap makhluk
ج : هوأن نعتقد أن ذات الله سبحانه وتعالى لا تشابه شيئ من المخلوقات بوجه من الوجوه فكل ما تراه أو يخطر ببالك فالله ليس كذلك {ليس كمثِلِه شيء} [الشورى :11
yaituu kita harus i’tiqad bahwa Allah subhanahu wa ta’ala itu tidak di samai suatu apapun dari makhluk, dari segi manapun, maka setiap yang kamu lihat atau yang yang ada di hatimu maka Allah itu tidak seperti itu.
س : كيف الاعتقاد بأن صفاته سبحانه وتعالى مخالفة صفات الحوادث ؟
bagaimana i’tiqad bahwa sifat-sifat Allah subhanahu wa ta’ala itu berbeda dengan sifat makhluk
ج : هو أن نعتقد أن علم الله تعالى لا يشابه علمنا، وأن قدرته لا تشابه قدرتنا، وأن إرادته لا تشابه إرادتنا، وأن حياته لا تشابه حياتنا، وأن سمعه لا يشابه سمعنا، وأن بصره لا يشابه بصرنا، وأن ُ كلامه لا يشابه كالمنا
Yaitu kita harus i’tiqad bahwa ilmu Allah itu tidak serupa ilmu kita, dan kuasa Allah itu tidak serupa kekuasaan kita, dan kehendak Allah itu tidak serupa kehendak kita, dan hidup Allah tidak serupa dengan hidup kita, dan pendengaran Allah tidak serupa pendengaran kita, dan penglihatan Allah tidak serupa pengelihatan kita, dan ucapan Allah tidak serupa ucapan kita
س : كيف الاعتقاد بأن أفعاله سبحانه وتعالى مخالفة لأفعال الحوادث ؟
bagaimana i’tiqad bahwa pekerjaan pekerjaan Allah subhanahu wa ta’ala itu berbeda dengan pekerjaan makhluk
ج : هو أن نعتقد أن أفعال المولى سبحانه وتعالى لا تشابه أفعال شيء من الموجودات؛ لأن المولى سبحانه وتعالى يفعل الأشياء بلا واسطة ولا آلة {إنَما أمره إذا أراد شيئا أن يكول له كن فيكون} وأنه لا يفعل شيئا لاحتياجه إليه، وأنه لا يفعل شيئا عبثا أي بغير فائدة؛ لأنه سبحانه وتعالى حكيم
Yaitu kita harus i’tiqad bawah pekerjaan-pekerjaan Tuhan subhanahu wa ta’ala itu tidak serupa pekerjaan-pekerjaan makhluk, karena Tuhan subhanahu wa ta’ala itu mengerjakan apapun tanpa lantaran dan tanpa alat. {sesungguhnya perkara Allah ketika menghendaki sesuatu itu berkata padanya “kun’ maka sesuatu itu ada} dan Allah itu mengerjakan sesuatu tidak karena kebutuhan Allah terhadap sesuatu itu dan Allah itu tidak mengerjakan suatu apapun tanpa faedah karena Allah subhanahu wa ta’ala itu maha bijaksana
س : كيف الاعتقاد بقيامه تعالى بنفسه؟
Bagaimana i’tiqad tentang berdirinya Allah dengan sendirinya
ج : هو أن نعتقد أن الله سبحانه وتعالى لا يحتاج إلى شيء من الأشياء ؛ فلا يحتاج إلى مكان ولا إلى محل ولا إلى شيء من المخلوقات أصلا . فهو الغنى عن كل شئ، وكل ٌ شئ محتاج إليه سبحانه وتعالى .
yaitu kita harus i’tiqad bahwa Allah subhanahu wa ta’ala itu tidak butuh pada suatu apapun, maka ia tidak butuh pada tempat dan tidak pada tempat, dan tidak pada sesuatu makhluk, ia adalah tidak butuh pada setiap sesuatu dan setiap sesuatu itu butuh kepada-nya subhanahu wa ta’ala
س : كيف الاعتقاد بحياة الله سبحانه وتعالى ؟
Bagaimana i’tiqad tentang hidup Allah subhanahu wa ta’ala
ج : هو أن نعتقد أن الله تعالى حي ّوأن حياتُه سبحانه ليست كحياتنا؛ فإن حياتنا بوسائط كجريان الدم والنفس وحياة الله سبحانه ليست بواسطة شيء، وهي قديمة باقية لا يلحقها العدم والتغير أصال .
yaitu kita harus itikad bahwa Allah itu hidup, dan hidup Allah itu tidak seperti hidup kita, karena hidup kita sebab perantara mengalirnya darah dan nafas, dan hidup Allah subhanahu tidak butuh pada sesuatu perantara apapun, kehidupan Allah itu dahulu juga kekal tidak bertemu sirna dan perubahan
س : كيف الاعتقاد بوحدانية الله تعالى ؟
Bagaimana i’tiqad tentang keesaan Allah ta’ala
ج : هو أن نعتقد أن الله تعالى واحد ليس له شريك ولا نظير ولا مماثل ولا ضٌد ولا معاند
yaitu kita harus i’tiqad bahwa Allah itu satu, tiada teman dan tiada persamaan tidak ada perlawanan dan yang melawani
س : كيف الاعتقاد بعلم الله تعالى ؟
Bagaimana i’tiqad tentang pengetahuan Allah ta’ala
ج : هو أن نعتقد أن الله تعالى موصوف بالعلم وأنه بكل شيء عليم . يعلم الأشياء كلها ظاهرها وباطنها، ويعلم عدد حبات الرمل وعدد قطرات المطر وأوراق الشجر ويعلم السر وأخفى لا تخفى عليه خافية، وعلمه ليس بمكتسب، بل يعلم الأشياء في الأزل قبل وجودها
yaitu kita harus i’tiqad bahwa Allah ta’ala itu bersifat ilmu, dan Allah terhadap segala sesuatu itu maha mengetahui. Allah mengetahui semua perkara, dzohirnya dan batinnya dan mengetahui hitungan biji pasir dan hitungan tetesan hujan dan daun pepohonan dan mengetahui rahasia dan yang lebih rahasia, tidak samar bagi Allah perkara yang samar, dan ilmu itu tidak dihasilkan akan tetapi Allah mengetahui setiap suatu saat Az sebelum adanya sesuatu
س : كيف الاعتقاد بقدرة الله تعالى ؟
Bagaimana etika tentang kodrat Allah ta’ala
ج : هو أن نعتقد أن الله سبحانه وتعالى موصوف بالقدرة وأنه على كل شيء قدير
yaitu kita harus i’tiqad bahwa Allah subhanahu wa ta’ala itu bersifat qudra, dan Allah itu maha kuasa atas segala sesuatu
س : كيف الاعتقاد بإرادة الله تعالى ؟
Bagaimana i’tiqad akan iradah Allah ta’ala
ج : هو أن نعتقد أن الله تعالى موصوف ُ بإرادة وأنه مريد لا يقع شيء إلا بإرادته فأي شيء أراده كان، وأي شيء ُ لم يرده فإنه لا يمكن أن يكون
yaitu kita harus i’tiqad bahwa Allah itu bersifat berkehendak, dan Allah itu maha berkehendak. Dan tiada suatu apapun yang terjadi kecuali dengan kehendak Allah, maka setiap sesuatu yang ia kehendaki akan ada, dan sesuatu yang tidak dikehendaki maka tidak mungkin ada
س : كيف الاعتقاد بسمع الله ؟
Bagaimana i’tiqad tentang pendengaran Allah
ج : هو أن نعتقد أن الله سبحانه ِ وتعالى موصوف بالسمع وأنه يسمع كل شيء سرا كان أو جهرا لكن سمعه سبحانه وتعالى ليس كسمعنا فإن سمعنا بواسطة الأذن، وسمعه سبحانه ليس بواسطة شيء
Yaitu kita harus i’tiqad bahwa Allah subhanahu wa ta’ala itu bersifat sama’, dan Allah itu mendengar setiap sesuatu, baik itu samar atau keras, tetapi pendengaran Allah subhanahu wa ta’ala itu tidak seperti pendengaran kita, karena pendengaran kita itu dengan perantara telinga, dan pendengaran Allah subhanahu itu tidak dengan perantara sesuatu apapun
س : كيف الاعتقاد ببصر الله تعالى ؟
Bagaimana i’tiqad tentang bador Allah ta’ala
ج : هو أن نعتقد أن الله سبحانه وتعالى موصوف بالبصر وأنه بكل شيء بصير ، يبصر حتى النملة السوداء في الليلة الظلماء وأصغر من ذلك ، لا يخفى عن بصره شيء في ظاهر الأرض وباطنها وفوق السماء وما دونها ، لكن بصره سبحانه ليس كبصرنا ؛ فإن بصرنا يكون بواسطة العين ، وبصره سبحانه ليس بواسطة شيء .
Yaitu kita harus i’tiqad bahwa Allah subhanahu wa ta’ala itu bersifat melihat, dan Allah itu maha melihat terhadap segala sesuatu, Allah melihat sampai semut hitam di malam yang gelap dan yang lebih kecil dari hal tersebut, tidak samar dari pandangan Allah suatu apapun, di muka bumi dan dalam bumi, di atas langit dan bawah langit, tapi penglihatan Allah Subhana itu tidak seperti penglihatan kita, karena penglihatan kita itu dengan lantaran mata, dan pendengaran Allah subhanahu tidak dengan lantaran ataupun
س : كيف الاعتقاد بكلام الله تعالى ؟
Bagaimana i’tiqad tentang kalam Allah ta’ala
ج : هو أن نعتقد أن الله سبحانه ُ موصوف بالكلام وأن كلامه لا يشبه كلامنا ؛ فإن كلامنا مخلوق فينا وبواسطة آلة من فم ولسان وشفتين ، وكلامه سبحانه وتعالى ليس كذلك
Yaitu kita harus beritikad bahwa Allah subhanahu itu bersifat Kalam, dan ucapan Allah tidak serupa dengan ucapan kita, karena ucapan kita itu makhluk dengan perantara mulut lisan dan dua bibir, dan kalam Allah itu tidak seperti itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar